PMB STIS JAKARTA 2007

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta, awal Juni 2007 akan menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2007/2008. Berikut cuplikan dari brosur yang saya terima . Mohon maaf, jika ada salah kutip. Keterangan lengkap, hubungi Kampus STIS atau Kantor BPS Propinsi.

SEKILAS PANDANG STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memanggil pemuda-pemudi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar dan bekerja, untuk dididik menjadi ahli statistik (statistisi). STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang mempunyai kemampuan akademik/profesional.

Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, manajemen dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik.

STIS mempunyai 2 jurusan : Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Mahasiswa mendapat Ikatan Dinas (ID) sesuai aturan pemerintah yang berlaku. Dosen pengajar berasal dari lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3.

Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST)

PROSPEK LULUSAN

Lulusan STIS langsung diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Golongan III a dan ditempatkan di lingkungan BPS di seluruh Indonesia sesuai aturan yang berlaku.

SYARAT PENDAFTARAN

STIS pada tahun akademik 2007/2008 menerima mahasiswa baru ikatan dinas (ID) dan tugas belajar (TB) instansi/pemda dengan persyaratan:

  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan bebas narkoba

  • Lulus SMA-IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA

  • Nilai Matematika dan bahasa Inggris minimal 7 pada raport kelas 3 semester I/II.

  • Diharapkan tinggi badan minimal untuk laki-laki 168 cm, perempuan 157 cm.

  • Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007.

  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan sampai dengan penempatan setelah lulus.

  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

  • Bersedia mematuhi peraturan STIS

CARA PENDAFTARAN

Apabila persayaratan sudah dipenuhi, maka tata cara pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke tempat pendaftaran dengan membawa kelengkapan pendaftaran yaitu:

    1. Fotokopi Surat Tanda Kelulusan (Legalisir) *

    2. Fotokopi Ijasah (Legalisir) *

    3. Fotokopi raport kelas 3 semester I/II (legalisir)

    4. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.

  • catatan: * bagi yang sudah lulus Sekolah Lanjutan Atas sebelum 2007.

  1. Mengisi formulir pendaftaran serta menyerahkan dokumen-dokumen yang disyaratkan pada butir 1 kepada petugas pendaftaran

  2. Mengganti biaya pelaksanaan tes sebesar Rp 150.000,-

  3. Mengembalikan formulir pendaftaran kepada petugas pendaftaran

  4. Menerima kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) yang wajib dibawa pada setiap tahapan seleksi.

TEMPAT PENDAFTARAN

JAKARTA

4 Juni s.d 14 Juli 2007 jam 08.30-15.00WIB di kampus STIS, Jl. Otto Iskandar Dinata No. 64c, Jakarta, 13330. Telp. (021) 8191437, 8508812. Faks (021) 8197577

LUAR JAKARTA

4 Juni s.d 6 Juli 2007 di kantor BPS propinsi (Kecuali Kantor BPS propinsi DKI Jakarta) dan Kantor BPS kabupaten/Kota tertentu di seluruh Indonesia.

TAHAPAN SELEKSI

Ada 3 tahapan seleksi dengan sistem gugur, yaitu:

TAHAP I: Tes tertulis Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.

TAHAP II: Psikotes dan wawancara

TAHAP III: Tes kesehatan (biaya ditanggung peserta tes)

KETENTUAN MENJADI MAHASISWA STIS

  • Lulus tes tahap I, II, II ( setiap tahap berlaku sistem gugur)

  • Mengikuti kegiatan Masa Integrasi Pendidikan Kampus (Magradika) dan outbond dengan biaya sebesar Rp. 2.250.000,- untuk keperluan antara lain: Outbond, Magradika, Pakaian Dinas Akademik (PDA) 2 stel dan perlengkapannya, jaket almamater, pakaian olah raga, sepatu, identitas mahasiswa, asuransi kecelakaan, iuran mahasiswa dan lain-lain.

  • Menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas 9SPID) dengan BPS

  • Menaati semua peraturan yang berlaku di STIS.

JADWAL PELAKSANAAN PMB STIS JAKARTA 2007

No

Waktu

Kegiatan

Keterangan

1.

Senin-Jum’at

4 Juni-14 Juli 2007

Pendaftaran mahasiswa baru

Kampus STIS Jakarta

2.

Senin-Jum’at

4 Juni-6 Juli 2007

Pendaftaran mahasiswa baru

Kampus STIS Jakarta,Kantor BPS Propinsi dan Kantor BPS
Kab./Kota (tertentu)

3.

21 juli 2007

Tes Tahap I

Matematika

Bahasa Inggris

Pengetahuan Umum

4.

6 Agustus 2007

Pegumuman tahap I

Kampus STIS Jakarta,Kantor BPS Propinsi dan Kantor BPS
Kab./Kota (tertentu)

5.

18 Agustus 2007

Tes Tahap II

Psikotes

6.

20-24 Agustus 2007

Tes Tahap II

Wawancara

7.

3 September 2007

Pengumuman tahap II

Kampus STIS Jakarta,Kantor BPS Propinsi dan Kantor BPS
Kab./Kota (tertentu)

8.

4-7 September 2007

Tes tahap III

Kesehatan

9.

17 September 2007

Pengumuman tahap III

Kampus STIS Jakarta,Kantor BPS Propinsi dan Kantor BPS
Kab./Kota (tertentu)

10.

22-26 Oktober 2007

Daftar Ulang

Kampus STIS Jakarta

11.

27 Oktober 2007

Kuliah Perdana

Dihadiri oleh Orangtua/wali dan mahasiswa

12.

28 Oktober -4 Novenber 2007

Outbond

13.

5 November 2007

Awal Perkuliahan

Kampus STIS Jakarta

215 thoughts on “PMB STIS JAKARTA 2007”

  1. Untuk komentar di atas
    !! Setiap kenaikan tingkat, ada standar IP yg ditentukan dan batas minimal nilai pada beberapa mata kuliah inti, yg mana di bawah batas tersebut bisa didropout. Pengalaman saya dulu, untuk tingkat I, langsung di-DO jika tdk bisa memenuhi standar, tingkat berikutnya diberi kesempatan mengulang 1 kali. Jadi maksimal kuliah adalah 5 tahun
    Kenapa harus ipa? Karena di STIS yg dipelajari adalah statistik, dengan konsentrasi ekonomi, sosial atau komputasi. Jadi, yg jadi inti adalah statistik-nya, bukan ekonomi atau sosialnya.
    Statistik adalah salah satu terapan dari matematika sehingga calon mahasiswa STIS harus kuat pemahaman matematikanya karena konsep statistik berkaitan erat dengan matematika seperti integral, matriks, peluang, aljabar linier, dan lain-lain.
    Yang lebih bagus adalah, calon mahasiswa yang menguasai matematika dan tidak alergi ilmu sosial atau ekonomi katena nantinya itu yg dipelajari.
    Semoga jawaban bisa memuaskan.

  2. kapan dia diadakan PMB STIS 2008?
    Ada ga temPAt LeS Khusus bwt bahas soal-soal sTis sndiri???

    d bls yaa..

  3. Yang ini d jawb donk,pleeeeaaaassseee..

    klo beli buku kumpulan soal stis skarg di otista-nya lgsung udah ada blom..??
    apa hrus nungguin pas pmb-nya..
    coz itu kn mash Lama..

  4. Allow
    mw tny info terbaru JADWAL,Syarat,Cara pendaftaran STIS dong
    Yg mw ujian adikku, waktu tes kesehatan ap sejenis institusi lain (Akpol,Akmil,IPdn) ?
    Mw tny temanku Mhs di STIS namanya Nusantara Sembiring dr P.Siantar angk02/03
    Tlg hubungi ak di Emailku Frankfruitholic@yahoo.com

  5. tlong ksih tw informasi pendaftran thun ajaran
    2008/2009 y…
    klo aq tinggal dio tulungagung(jatim) tempat
    pendaftrannya dimana y?

  6. Assalamualaikum,
    For everyone, khususnya untuk yang nulis blog ini.
    TOLONG pengumuman pendaftaran 2008/2009.

    atau bisa dikirim ke
    slapovivh@yahoo.co.id
    daku tak akan melupakan kebaikan anda.hiks…hiks…hiks….huaaaaaaa!

  7. kalo ada informasi pendaftaran stis tahun 2008 tolong bagi infonya ya…………………….?

    @all
    Mohon maaf, saya belum menerima brosur res, jadi saya belum bisa menginformasikan. Tetapi, saya dpt informasi pendaftaran stis 2008, sedikit contoh soal dan info lain seperti adanya D1 selain D IV yg selama ini dah ada. Silahkan berkunjung di http://tentangstis.wordpress.com. Jika ndak salah, pemilik blog adalah salah satu dosen stis.

  8. ass
    aku mau nanya niyy, emang kalo tes seleksi STIS tempatnya di Jakarta ya??
    uang saku perbulannya berapa?

  9. ass…..
    kk,,,Z mw nanya klo d makassar tesnya dimana??? apa harus ikut tesnya di jakarta????
    tyuz,,,syarat masuk stis untk lulusan 2008….Gmna???

    @untuk pendaftaran di Daerah, silahkan datang di BPS daerah. Kalau di makasar, tmpatnya di jl. H. Bau, makassar

  10. begini ka..saya punya pertanyaan..tahun lalu grade terendah yang masuk stis berapa?apa setiap tahun perubahan grade terendahnya setabil?!?
    trims ya atas informasinya..

    @ untuk masalah itu, saya tidak tahu. Maaf.

  11. Kak ! saya punya Bahasa Inggris agak payah nih ! Padahal waktu untuk test masuk STIS tinggal kurang lebih 1,5 bulan lagi (pertengahan Juli 2008). Buku Bahasa Inggris apa yang paling cocok saya pelajari untuk menghadapi test ydm, terutama yang ada dan berhubungan dengan :structure and written expression, vocabulary, idiom & reading comprehensive (Apa judulnya & dimana belinya).
    Tks & informasinya, ditunggu banget !

    @maaf, saya tidak tahu. Kalau belajar singkat, coba aja buku materi persiapan umptn/spmb/tes2 masuk PTN

  12. Biaya hidup di Jkt untuk Mhs kira-kira per bulan berapa?? Uang sakunya sudah cukup belum untuk hidup ??

    Tentang penempatan setelah lulus, apakah bisa mengajukan untuk di Jawa saja ?? sebab beberapa daerah di luar jawa biaya hidupnya relatif tinggi.
    Atau mungkin yang ditempatkan pada daerah yang biaya hidupnya tinggi ada tunjangan khusus ???

  13. 1. Rata-rata jumlah pendaftar ke STIS berapa orang ??
    2. Prosentase yang diterima berapa ??
    3. Di BPS ada jabatan fungsional tdk ? jk ada tunjangannya berapa ?
    4. Alumni STIS paling senior sudah pangkat apa??
    5. Ijazah D4 STIS diakui Diknas tdk ?
    6. Dosen STIS ada yang profesor ?
    7. Terimakasih

  14. maaf, pertanyaannya saya tidak bisa jawab semua , soalnya saya tidak lagi berdomisili di jakarta dan tidak mengikuti perkembangan terakhir stis.
    semua mahasiswa stis ketika lulus harus siap ditempatkan di mana saja se-indonesia. kalau tidak mau ke luar jawa, mendingan tidak usah menjadi mahasiswa stis. di awal, sudah dibuat perjanjian harus mau ditempatkan di seluruh nusantara.
    soal tunjangan kemahalan, hanya di propinsi2 sesuai aturan yg ada (kalau tdk salah di papua).
    saya sendiri ditugaskan di luar jawa. kepala BPS juga tamatan AIS (sebelum STIS). ijazahnya diakui kok, jangan kuatir. ada beberapa perguruan tinggi yg bekerjasama dengan BPS, sehingga lulusan STIS bisa melanjutkan ke sana. ada juga yg bisa lanjut di ausie. so, jangan ragu!!

  15. masa iya sie da syarat tinggi bdan
    kan ga da hubungnnya tinggi m otak
    klo dy katek tapi jenius gmna?
    nak stis bisa ngmbil prog.pasca sarjana ga?
    trus klo bisa larinya kmna?

  16. saya mau tanya soal dan pembahasan STIS tahun2 sebelumnya….
    1. Kenapa yah buku kumpulan soalnya tidak dijual????
    2. di BPS PAlembang saya harus ikut bimbingan dulu baru bisa dapat buku kumpluan soal,,, apa memang begitu peraturannya??
    3. Kalo saya ingin membeli buku kumpulan soal dan pembahasan STIS tanpa mengikuti bimbingan bisa tidak??? kalo bisa saya bisa memperolehnya dimana??? dan berapa biayanya (+biaya kirim)????

    terima kasih

  17. iya bner banget kita harus ikut bimnel dlu baru nisa dpt buku itu…

    klo ada bukunya tolong kasih tau aku jg ya…

    thks

    ass.wr.wb

  18. oh ya…. aku mau minta tolong klo ada contoh soal tes STIS tlong dikirim ke email aku ya……

    terimakasih sebelumnya……

    ph ya… lam knal ya buat yg bikin blog ini

    eh add blog aku juga ya,,,
    trus kasih komentar kehhhhhhh

    🙂
    nice know u………..

  19. ass…

    kl ada yg tau ttg soal STIS tolong kasi tau, soalnya gw butuh bgt ni tolng yaaa………………, smg ALLAH membalas amal & perbuatanya

  20. kl ada yg tau ttg soal STIS tolong kasi tau, soalnya gw butuh bgt ni tolng yaaa………………, smg ALLAH membalas amal & perbuatanya

  21. APA BENER,,, MASUK STIS TIDAK PERLU UANG TOMBOKAAAN????
    APA KRETERIANYA???!!!
    BAGAIMANA CARANYA AGAR DAPAT DI STIS???

    @dari pengalaman, cerita masa lalu dan cerita sekarang, tdk ada tuh yg namanya uang tombokan. kalaupun ada oknum yg minta, segra aja laporkan ke inspektorat bps/kampus stis.
    yg jelas belajar, berdoa dan berlatih agar bisa lulus

  22. HAY,,! SYA MAW TANYA~~?
    DI BALI KAN ADA 8 KABUPATEN, EM,,!!! BERAPA JATAH TIAP KABUPATEN’NY YA,,! KHUSUSNYA DI GIANYAR DAN DI TABANAN BERAPA?
    @biasanya tdk berdasarkan jatah
    * EM,, KENAPA TIDAK ADA SOAL** PREDIKSI TENTANG TESNYA?? KAN JADINYA ADA BAYANGAN TENTANG SOAL** NYA GTU!
    @coba hubungi panitia, atau coba kunjungi tentangstis.wordpress.com

    * DAN APA AJA BIASANYA ISI** SOAL STIS ITU??
    ANDA KAN SUDAH TAHU ATOPUN SUDAH PERNAH TES DISANA,, EM,, ISINYA MATEMATIKA SAMA FISIKA SEMUA YA? GA ADA BIOLOGI/KIMIA NYA??
    @tidak ada soal fisika. perkembangan terakhir soal2 saya tdk tahu. yg jelas tdk ada kimia,fisika apalagi biologi. materi soal tdk jauh dari materi di smu

    * EMANG STIS ITU NTAR KHUSUSNYA TERJUN DI BIDANG APA AJA?? DAN JELASKAN DENGAN CONTOHNYA DONK!!!

    @lulusan stis mayoritas bekerja di BPS, karena sudah terikat dengan ikatan dinas. jd materi kul lebih cenderung ke pekerjaan BPS.

    PLEASE,, JAWAB YA,,!!
    KAMI DI BALI MENGHARAPKAN BANTUAN ANDA,,!!

    THANKS,,,
    OM SANTIH3X OM

    @ all

    maaf, akhir2 ini saya sedang sibuk pencacahan survei sosial ekonomi nasional 2008, sehingga tdk bisa membuka blog ini dan menjawab pertanyaan. di lokasi pencacahan tdk ada sinyal indosat, yg biasa sy pake berinternet ria.

  23. da sahabat gw yg mw MasuK niE kaMpoez,,

    pinDahan dari sTatistik unPad bdg,,

    mOga ja dy kTriMa……amien,,

    dOain y…

  24. da sahabat gw yg mw MasuK niE kaMpoez,,

    pinDahan dari sTatistik unPad bdg,,

    mOga ja dy kTriMa……amien,,

    dOain y………..,..

  25. Alamat tempat USM-STIS yang di Jakarta tgl 26 Juli 2008 sbb :

    Kampus Universitas Darma Persada
    Jln Taman Malaka Selatan
    Kel Pondok Kelapa, Kec Duren Sawit
    Jakarta Timur.
    (Bisa masuk dari Jln Radin Inten II)

    @terima kasih informasinya. semoga berguna

  26. ass..
    mas yg punya blog ni alumni stis ya??sy mw tnya dunk..sya kan dah lu2s tes thap 1,jd mw mnghdpi tes wa2ncara..sy tkut nih..kira2 apa aj ya yg akn dtnykan wktu wa2ncra??
    mhon djwb cpt ya mas…
    thx..

    @wa’alaikum Salam wr wb
    Dah lama sekali sy diwawancara.
    Seingat saya, dulu waktu wawancara tidak ditanya macam2.
    Yang penting tenang, soalnya kalau sudah gemetar, jawaban bisa tidak terkontrol. Sopan santun juga perlu sbgai bahan penilaian. Yang penting berdoa. Semoga Alloh memudahkan wawancara d vina. Jangan lupa minta restu ortu.

    Mungkin perlu dipersiapkan pertanyaan seputar kenapa d vina berminat masuk stis, apa motivasinya.

    Sukses ya!!

  27. halo….
    saya uda lulus tes tahap 1 nih.

    o ya, gaji di BPS tuh berapa ya mas?
    karna saya sendiri uda masuk S1 akutansi PTN lampung, yang rencanaya kerja di bank atau swasta yang gaji nya di atas PNS tuh..

    @gaji di BPS, sama dengan PNS lainnya, tidak besar, tapi insyaAlloh cukup jika pandai mengelolanya.
    Btw, lulus dari STIS, insyaAlloh pasti kerja jd PNS di BPS. Kalau kerja di bank kan baru rencana 🙂

  28. wah, bener tuh mas, lagian kan yang mau kerja di bank banyak yagh…
    iya kalo diterima?
    kalo gak juga jadi pns biasa juga.(tes pns juga uda susah loh, pada main curang, huh!)

    BTW, ada yang bisa ngasih tau kayak apa pelajaran matematika di STIS gak ci?
    pliss…. saya kan lemah matematika…

    @matematikanya, ya kalkulus,aljabar linier dan beberapa yg lain. Coba lihat di website stis.

  29. minta link nya donk kaka.
    tadi saya cari di stis.ac.id, saya cari2 gak da mata peljaran di STIS
    @ndak ada ya!! Kalau di website STIS yg lama sih ada.

  30. assaLAMMUALAIKUM…

    KAX,, BLEH TAU GAX LW KUMPLAN SOAL STIS TU DMANA KAX YAH……..??? DA SITUSNYA GAX CZ DA LAMA CARI-CARI GAX DPET2,,, LW MAU BELI BKU KUMPULAN SOALNYA DMANA ,,,, OR ALMATNYA PA,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *